tips hidup sehat

Cara hidup sehat ada bermacam-macam. Namun, karena kesibukan, seringkali kita lupa menjaga kesehatan. Gejala gangguan kesehatan pun sering kita anggap remeh dan diabaikan begitu saja. Padahal, cara hidup sehat tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Berikut tujuh cara hidup sehat yang dapat dengan mudah kita praktekan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Beberapa cara hidup sehat untuk anda

Berikut ini tujuh cara hidup sehat yang dapat kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara hidup sehat yang pertama adalah banyak-banyak menghirup udara yang bersih dan sehat. Udara pagi merupakan udara yang masih bersih dan baik untuk kesehatan.
Selain itu, anda perlu menghindari asap rokok, asap kedaraan bermotor, dan juga debu. Bersihkan rumah dan tempat kerja secara teratur. Cara hidup sehat yang kedua adalah dengan minum air putih yang banyak. Minumlah air putih 8-10 gelas perhari untuk menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih.
Usahakan untuk minum air hangat di malam hari dan air sejuk (bukan es) di siang hari. Tambahkan sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, yang berfungsi untuk menyegarkan, dan juga untuk membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh.
cara hidup sehat yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi menu bergizi, seimbang, dan variatif. Perbanyaklah sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan zat gizi yang diperlukan tubuh. Hindari mengkonsumsi junk food dan makanan kaleng yang mengandung banyak kolesterol dan pengawet yang merugikan tubuh. Selain itu, kurangi juga konsumsi garam dan gula.

Cara hidup sehat lainnya

Cara hidup sehat yang keempat adalah dengan menyeimbangkan antara kerja, olah raga, dan istirahat. Terlalu memforsir tubuh untuk bekerja tanpa memperhatikan porsi olahraga dan istirahat akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Biasakan untuk beristirahat secara teratur setiap hari antara 7-8 jam. Jangan begadang atau tidur terlalu malam terlalu sering.
Apabila memiliki waktu senggang, gunakan untuk melakukan sedikit pemanasan untuk melemaskan otot-otot persendian. Jadwalkan waktu anda 2-3 kali perminggu selama 30-45 menit untuk berolahraga, agar anda selalu berada dalam kondisi bugar dan stamina prima. Cara hidup sehat yang kelima adalah mengontrol kerja otak. Seperti halnya tubuh, otak juga butuh istirahat. Jangan terlalu membebani otak.
Lakukan kegiatan yang menyenangkan di waktu senggang sesuai dengan hobi anda, untuk merefresh otak agar siap bekerja kembali. Cara hidup sehat yang keenam adalah menjalani hidup secara harmonis. Manusia merupakan makhluk mikrokosmos yang harus mematuhi alam sebagai makrokosmos jika ia ingin tetap sehat. Jangan mengorbankan kesehatan untuk menuruti kesenangan sesaat dengan gaya hidup tidak sehat dan beresiko, misalnya mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, maupun merokok.
cara hidup sehat yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi suplemen gizi, hanya jika diperlukan. Utamakan untuk mendapatkan zat gizi tersebut dari makanan sehat yang kita konsumsi sehari-hari. Suplemen diperlukan hanya jika kita benar-benar tidak bisa mendapatkan zat gizi tersebut dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "tips hidup sehat"

Posting Komentar